Kamis, 17 Februari 2011

MAKANAN GURAMEH

gambaran tentang kebiasaan makan ikan gurameh. Secara umum kebiasaan makanan (food habit), ikan dibagi dalam tiga golongan, yaitu ikan pemakan tumbuhan (herbivora), ikan pemakan hewan (carnivora) dan ikan pemakan segala (omnivora). Ikan mas termasuk herbivora atau ikan yang sepanjang hidupnya pemakan tumbuhan.gurameh adalah mahluk dimana pada saat muda karnivora, sedangkan setelah dewasa herbivora.

Sesuai dengan usia pertumbuhan seekor gurameh, pakan akan diklasifikasikan menurut usia Gurameh.
  1. Gurameh baru menetas tidak perlu pakan.
  2. Usia 0-10 Hari tidak makan , tidak ada biaya yang dikeluarkan tatkala Gurameh baru menetas lalu menunggu pertumbuhan ekor, kemudian mata dan bagian tubuh lainnya. Waktu yang diperlukan masa dari larva menjadi ikan mini imut ini sekitar 10-14 hari. Selama menunggu Gurameh menjadi besar, tugas peternak ikan adalah membuang permukaan air dari lemak, cangkang telur (sulit dilihat mata telanjang), telur yang tidak menetas berwarna kuning pucat. Harus dibuang telur yang busuk yang berada di wadah / tempat penetasan dengan menggunakan sendok plastic kecil atau alat lain nya. Selama berada dalam tempat penetasan, Kebutuhan hidupnya disubsidi oleh kantung telur yang memang bawaan lahir.
  3. Usia 10-14 HARI: Ukuran hari adalah patokan belaka, kalau anda melihat anak ikan sudah mengempis kantong telurnya, posisi badannya seperti merangkak dengan perut di bawah dan berenang kian kemari mencari umpan lezat, maka telah tiba saatnya untuk memberi pakan, ikan mulai di pindah ke tempat pendederan bias dari kolam terpal atau ke hapa (kelambu berbentuk plastik yang mengurung ikan agar tidak dimangsa oleh hama). Hapa ialah jaring plastik yang dipasang di kolam untuk memperkenalkan ikan dengan kehidupan sebetulnya. Bahan hapa dibuat sedemikian rupa sehingga plangton seperti moina (kutu air) bisa masuk, dan dilahap oleh anak gurameh. usia ini sudah mulai diperkenalkan cacing rambut. Untuk kebutuhan protein, bisa diberikan sejenis udang renik /Moina / Daphina, tapi petani ikan enteng menyebut “kutu air” bentuknya kecil, transparan dengan kaki-kaki pengait persis kutu kepala. Kutu air selalu tersedia di perairan, kalau anda menggunakan air ledeng di akuarium anda, kutu air terpaksa harus didatangkan. Kutu Air juga bisa mengandung virus, sehingga harus diambil dari sumber yang layak dipercaya. Beberapa peternakan “elite” bahkan menggunakan sumber pakan pabrik yang namanya artemia, sejenis udang laut. KUNING TELUR cara pemberian pakan dengan kuning telur, Rebuslah sebuah telur bisa bebek, bisa ayam. Lalu ambil kuning telurnya seperduapuluh bagian. Letakkan potongan kuning telur tadi kesebuah kain. Lipat kain seperti membungkus sesuatu dan peras kain beserta telur didalamnya sehingga sebagian telur keluar disela jalinan kain. Gantung makanan ini dekat anak ikan. Gantilah pakan ini beberapa hari kemudian supaya tidak membusuk.
  4. Usia 14 hari sampai 3 bulan. Makannya es-cacing/cacing darah dan cacing sutra / rambut (Tubifex). Secara bertahap, ikan mulai diintrodusir pelet halus.
  5. Usia Diatas 3 bulan sudah bias dikasih makan ULAT, RAYAP, TELOR SEMUT (kroto), SERANGGA Variasi makanan ini sangat digemari oleh ikan Gurameh. Laron, anjing tanah, jangkrik,
  6. Meningkat dewasa, Gurameh bisa diberikan daun kangkung (Ipomoea aquatica), genjer, daun pepaya (kurang suka), daun keladi ular, daun singkong (kurang suka), daun keladi senthe. Sebetulnya inilah menu utama Gurameh sehingga berat biomas 100 kilo maka pakan yang dibutuhkannya perhari adalah 1 kilogram. Sedang menu lain nya seperti keladi Bagong, keladi tikus, keladi babi. Tapi seperti manusia merekapun kadang bosan dengan menu yang sama. Sebaiknya berikan sampai Gurameh kelihatan malas menyantapnya. KECAMBAH Gurameh sangat suka kecambah kacang Hijau & kedelai (tauge), kecambah padi. Pemberian ini dimaksudkan untuk merangsang indung telur. REBUSAN JAGUNG MUDA Pipilan jagung yang direbus bisa diberikan kepada Gurameh untuk kesuburan indung telurnya. PELLET (Pakan Pabrik) Pelet apung sudah ditambah zat additive agar bisa berbobot lebih ringan dan mengambang di air. Sedangkan pelet “kelem” lebih menekankan kandungan gizi pakan sehingga untuk pendederan Gurameh pelet kelem lebih disukai. Voer ayam Petelor atau Pedaging. Bila pelet susah didapatkan, beberapa peternak mencampurkan Voer ayam pedaging ataupun ayam petelor (tergantung kebutuhan). DEDAK halus yang sudah diseduh dengan air panas disukai Gurameh. Bisa juga dedak halus  ditambahkan 2 butir telur bebek untuk memperbaiki mutu telur Gurameh. Kalau anda beli dedak setelah diseduh air panas masih belum pengket maka dedak itu bukan yang diinginkan. Cara pemberian dedak tidak boleh dilemparkan langsung ke kolam, cari jaring bekas karung cabai yang bentuknya berlubang, lalu bentangkan diempat sudutnya. Taruh dedak diatas jaring sampai jaring menyentuh permukaan air, maka gurameh akan berdatangan menarik pakan dari bawah. ULAT HONGKONG atau mealworm (mahal), DAUN GELETAK, DAUN MURBEI, NASI, JAJAN PASAR Jajan pasar disini maksudnya sisa-sisa tukang sayur di pasar. POSTAL Pakan yang paling populer di kalangan petani karena murah. Pada dasarnya postal adalah pupuk kandang (unggas) yang kering, sehingga bisa dilihat campuran antara sekam padi, kotoran, dedak, voer dsb. Postal selain disukai ikan Gurameh kecil, juga disukai nyamuk AGAS yang nantinya akan meletakkan telur pada kotoran tersebut. Telur yang menetas akan menjadi jentik-jentik (cuk) berwarna merah karena mengandung Haemoglobin. Jentik-jentik ini sering dinamakan cacing darah. SERANGGA SEPERTI JANGKRIK, BELALANG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar